Tuesday, May 15, 2012

Warning Global Warming

Global warming atau dalam bahasa indonesia di sebut sebagai pemanasan global, merupakan salah satu efek dari meningkatnya suhu permukaan bumi. Peningkatan suhu permukaan bumi dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah naiknya konsentrasi gas karbon dioksida (CO2) dan gas-gas lainnya di atmosfer hal ini sering disebut dengan "Efek Rumah Kaca". Kenaikan konsentrasi gas CO2 ini disebabkan oleh kenaikan pembakaran bahan bakar minyak, batu bara dan bahan bakar organik lainnya yang melampaui kemampuan tumbuhan-tumbuhan dan laut untuk menyerapnya.

Energi yang masuk ke Bumi:

  • 25% dipantulkan oleh awan atau partikel lain di atmosfer
  • 25% diserap awan
  • 45% diserap permukaan bumi
  • 5% dipantulkan kembali oleh permukaan bumi

Energi yang diserap dipantulkan kembali dalam bentuk radiasi inframerah oleh awan dan permukaan bumi. Namun sebagian besar inframerah yang dipancarkan bumi tertahan oleh awan dan gas CO2 dan gas lainnya, untuk dikembalikan ke permukaan bumi. Dalam keadaan normal, efek rumah kaca diperlukan, dengan adanya efek rumah kaca perbedaan suhu antara siang dan malam di bumi tidak terlalu jauh berbeda.

Selain gas CO2, yang dapat menimbulkan efek rumah kaca adalah belerang dioksida, nitrogen monoksida (NO) dan nitrogen dioksida (NO2) serta beberapa senyawa organik seperti gas metana dan klorofluorokarbon (CFC). Gas-gas tersebut memegang peranan penting dalam meningkatkan efek rumah kaca.

Dampak negatif yang ditimbulkan oleh Perubahan Iklim

  1. Mencairnya lapisan es terutama di kutub utara dan selatan yang mengakibatkan naiknya permukaan air laut
  2. Peningkatan permukaan air laut akan menyebabkan tenggelamnya daerah pesisir dan pulau-pulau kecil.
  3. Pergeseran musim : Musim kemarau panjang mengakibatkan kekeringan dan meningkatnya potensi kebakaran hutan, Musim hujan akan berlangsung cepat dengan intensitas curah hujan yang tinggi sehingga mengakibatkan banjir dan tanah longsor.
  4. Terjadinya krisis persediaan makanan akibat tingginya potensi gagal panen dan krisis air bersih.
  5. Meluasnya penyebaran penyakit tropis (malaria, demam berdarah, dan diare).
  6. Hilangnya jutaan spesies flora dan fauna karena tidak dapat beradaptasi dengan
    perubahan suhu dibumi.

Berikut ini adalah salah satu berita tentang bukti pemanasan suhu yang terjadi di bumi

0 komentar:

Post a Comment